Pemilu Ketua RT Berlangsung Jujur dan Adil Bebas Politik Uang

foto

Pemilu (pemilihan umum) adalah proses pemilihan orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan tertentu. Jabatan-jabatan tersebut beraneka ragam. Cribasumpiepool . Mulai dari presiden, wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kelapa desa. Pada kontek lebih luas pemilu merupakan cara pemilihan orang yang akan menempati jabatan tertentu yang melibatkan orang banyak.

Pemilu merupakan salah satu cara untuk mempengaruhi rakyat atau orang banyak secara persuatif (tidak memaksa). Dalam pemilu, para pemilih disebut konstituen dan kepada merekalah para peserta pemilu menawarkan janji-janti atau program-program sebelum pelaksanaan pemungutan.
Pemilu untuk memilih ketua RT (rukun tetangga) salah satunya. Selama ini pemilihan ketua RT dilakukan oleh kelompok warga atau pertemuan kelompok warga tanpa melibatkan seluruh warga yang sudah memiliki hak pilihnya. Sehingga melihat keadaan tersebut seakan seluruh warga keterwakilannya belum maksimal.

Warga di Kampung Bibis/Dk. Bibis RT 05, Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul mencoba membuat terobosan baru dengan melakukan pemilihan RT secara langsung. Pemilu RT ini melibatkan seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih. Pemilu yang dilaksanakan Minggu, 19 Januari 2014, berlangsung lancar dan tingkat antusias yang tinggi. Hampir 99 % warga yang sudah mempunyai hak pilih datang mengikuti pemilu.

Pemilu diikuti oleh 3 calon RT 1). Trenggono, 2) Gatot M dan 3) Kasdiyono. Awal mula calon diusulkan setiap kelompok ronda. Setelah muncul calon di perwakilan kelompok ronda, dilakukan penjaringan yang akhirnya muncul 3 nama calon yang kemudian dilakukan pemilihan calon ketua RT.

Sapto Raharja, ketua panitia pemilu RT menjelaskan, pemilihan ketua RT ini berbeda dengan pemilihan-pemilihan ketua RT sebelumnya. Pemilihan ketua RT ini melibatkan seluruh warga RT 05 yang sudah mempunyai hak pilih. Tidak hanya asal-asalan melakukan memilihan dengan cara seperti ini, akan tetapi ini juga berdasar masukan kelompok warga. Keterwakilan dari kelompok perempuan dan pemuda yang menjadi dasar melakukan pemilu RT secara langsung.

Sapto, menambahkan walau terkesan sederhana dan baru pertama kali dilakukan, akan tetapi antusias warga luar biasa. Hampir seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih datang memberikan pilihan. Bahkan dari data yang ada hampir 99% warga mengikuti dan memberikan hak pilihnya.

Hasil pemilu akhirnya terpilih ketua RT adalah Trenggono, dengan memperoleh jumlah total suara 128. sedang kandidat yang lain dengan perolehan suara Gaton M 93 suara dan Kasdiyono 26 suara.