Pelatihan Radio Komunitas Fokus FM Kecamatan Batui, Kabupaten Luwuk, Sulawesi Selatan

1908009_10202950177305351_5131572408882461455_n

        Berkembangannya media komunitas bertujuan untuk mendukung penguatan alur informasi. Masyarakat masih lemah dalam memperoleh informasi. Bahkan terkadang informasi tidak sampai ke masyarakat. Akan tetapi masyarakat sangat perlu mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan. Banyak cara bagaimana masyarakat mendapatkan informasi. Bahkan banyak media yang dapat dimanfaatkannya. Radio komunitas merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi.

            Sabtu 20 Desember 2014, Media Komunitas Angkringan berkesempatan berbagi pengalamannya dalam mengelola Media Komunitas dengan Radio Komunitas Fokus FM, KPID Sulawesi Tengah, dan beberapa Penggerak Media. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Radio Komunitas Fokus FM dan PT. Donggo – Senoro LNG, diharapkan bisa menambah pengetahuan dalam mengelola Radio Komunitas. Karena tidak mudah dalam mengelola sebuah Radio Kumonitas. Baik dalam mengurus perijinan, memanagement Komunitas, sampai dalam memproduksi informasi radio Komunitas. Dimana fungsi radio komunitas sebagai wadah pertukaran informasi yang produktif antaranggota masyarakat, mengangkat masalah-masalah yang menyangkut kepentingan publik secara obyektif dan berbagi pengalaman berbagai bentuk radio komunitas yang telah berjalan.

           Sedangkan dari Ketua KPID Sulawesi Tengah, memaparkan tentang keberadaan Radio Komunitas di Sulawesi Tengah. Radio Komunitas di Sulawesi Tengah memang belum banyak. Adanya Fokus FM akan memberikan warna dan menambah adanya radio. KPID menyarankan agar radio komunitas Fokus FM dapat menjadi radio yang memang benar – benar dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya dalam pemenuhan hiburan, akan tetapi menjadi media komunitas yang dapat menjadi tempat menyampaikan dan menyebarluaskan informasi masyarakat.

            Penyampaian dan penyebarluasan informasi yang ada di komunitas untuk membangun kemandirian komunitas. Sehingga ke depan masyarakat akan menjadikan radio komunitas menjadi sumber informasi yang dibutuhkan masyarakat. Informasi yang baik dengan penyampaian informasi sesuai dengan karakter lokal dengan tanpa mendiskritkan kelompok masyarakat tertentu. web change alert